The World Silent Day Memoles Nyepi Menjadi Semakin Sepi

World Silent Day saat Bali Nyepi

Hari Selasa besok (16/03/2010) adalah hari yang sakral bagi umat Hindu. Pasalnya hari tersebut bertepatan dengan perayaan hari raya Nyepi. Di daearah yang dipadati umat Hindu seperti Bali, perayaan hari raya Nyepi biasanya sangat terasa sebab di hari tersebut penduduk tidak lagi beraktivitas seperti hari-hari biasanya, hanya berdiam dirumah dan tidak ada orang yang mengendarai kendaraan bermotor. Tentu saja kondisi tersebut membuat Bali menjadi sepi. Kebiasaan perayaan seperti ini ternyata member dampak positif terhadap kondisi lingkungan di Bali. Dikabarkan sebanyak 20.000 ton emisi berhasil dikurangi setiap hari raya Nyepi di Bali.

Selain tidak melakukan aktivitas, ternyata perayaan hari raya Nyepi juga dilakukan dengan “Tapa Hening” di tempat yang gelap dengan tujuan untuk koreksi diri (introspeksi) umat Hindu. Bagi Anda yang belum pernah tahu secara langsung mungkin membayangkan bagaimana kondisi Bali saat semua orang berada di rumah dan tanpa penerangan. (serem, tapi hemat lisitrik ya???… :))

Hari Raya Nyepi menjadi Insipirasi “World Silent Day”

World Silent Day bukanlah hari tanpa bicara, melainkan suatu kampanye untuk mengurangi emisi rumah kaca (Green House Effect). Ide pelaksanaan kampanye World Silent Day (Hari Hening Sedunia) ini terinspirasi dari kebiasaan umat Hindu di Bali yang merayakan Nyepi dengan kondisi sepi tanpa lalu lalang kendaraan bermotor. Artinya pada hari tersebut sedikit sekali terjadi polusi.

Melihat kondisi tersebut sejumlah aktivis lingkungan Bali, gabungan dari empat LSM, yakni Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, Wisnu, Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup, dan Bali Organic Association menggelar kampanye World Silent Day bertepatan dengan hari raya Nyepi hari Selasa besok. Kabarnya, kampanye ini akan dilaksanakan di sekitar monument bom Bali, Legian, hingga pantai Kuta, Bali yaitu dengan tidak berkendaraan bermotor dan menyalakan alat-alat elektronik selama empat jam sejak 10.00 sampai pukul 14.00 pada hari tersebut.


Wah, teryata sekali mendayung dua pulau terlewati


Cari artikel unik lainnya di sini




Related Posts

The World Silent Day Memoles Nyepi Menjadi Semakin Sepi
4/ 5
Oleh